Thursday, December 4, 2008

Rasanya gw ga inget Oshin,,

Beberapa hari ini, sekitar jam 7 malem, nyokap gw suka duduk di depan tv nonton satu serial di TVRI yang dulu rasanya pernah populer banget waktu gw masih kecil. Yup, Oshin.
Anehnya, walo gw inget banget ma judul itu, tp gw ga bs inget satupun adegan dari serial itu. Apa gw ga nonton waktu kecil ya? Karena beberapa temen-temen gw masih inget cerita tuh Oshin, walo emg garis besarnya aja. Tapi gw ga inget sama sekali.

Kalo diinget-inget, emang sih jaman-jaman SD dan SMP gw tuh adalah jaman di mana gw sangat amat rajin belajar. Nonton tivi jarang beud, apalagi maen-maen atau jalan-jalan. Jadi, mungkin aja emang gw dulu gak ngikutin serial Oshin itu.

Gw masih samar-samar inget kalo gw tiap malem ngerjain peer atau latihan-latihan di buku, dan di tembok di depan gw duduk saat belajar tertempel tulisan gede yg gw bikin sendiri, tulisan target nilai-nilai yg harus gw raih. Misalnya PPKn 9, Matematika 9, Fisika 8, dll. Pokoknya ambisius dan penuh semangat deh blajarnya. Hmm, kok beda bgt ma gw yg sekarang yak, heeheehee.

Anyway, di salah satu episode yg gw tonton tadi, adegannya nunjukin gimana Oshin kecil bener-bener hidup dalam keluarga miskin. Makanan yg bisa dibikin oleh ibunya cuma dikit, mpe neneknya ga mau makan, karena ngerasa dia dah ga berguna, ga kerja, jadi ga berhak makan, dan merelakannya buat Oshin. Tapi Oshin datang ke neneknya, memaksa neneknya makan, karena dia sedih kalau neneknya ga makan, nangis-nangis gitu deh, belum lg ibunya lagi hamil, yg berarti akan nambah lagi anggota keluarga yg harus dihidupi. Ibunya sempet pengen ngegugurin kandungan dengan masuk ke sungai di musim dingin. Pada akhirnya, Oshin pun terpaksa bekerja di tempat yang jauh (dijual orangtuanya), di usia yg sekecil itu. Kata temen gw, tar serial itu bakal cerita tentang gimana Oshin bakal ngalamin banyak penderitaan selama kerja di sana sini.

Emang sih sekarang jaman udah berubah, dan kita gak lagi hidup di masa-masa pasca perang kayak Oshin. Tapi gw yakin fenomena kayak gitu pasti masih terus berlangsung. Banyak orang ga bisa memenuhi kebutuhan hidup, yg akhirnya menuntun mereka ke lingkaran kemiskinan yg gak berujung, karena ketidakmampuan mereka untuk mendapatkan pendidikan, yg merupakan jalan efektif untuk keluar dr kemiskinan itu.

Nah, tadi di berita dibahas gimana Sekolah Rimba, suatu konsep sekolah yg didirikan oleh Butet Manurung sejak 1999, akan ditinjau efektivitasnya. Sekolah Rimba ngajarin anak-anak di pedalaman metode baca tulis yg sederhana tapi efektif, yg udah diadaptasi juga oleh Departemen Pendidikan. Kalo emang Sekolah Rimba ini efektif, maka pemerintah akan mendirikan sekolah-sekolah seperti ini supaya lebih banyak lagi rakyat yg tersentuh ma yg namanya pendidikan.

Mungkin emg sulit untuk ngeliat efek dari yg namanya pendidikan ini dalam jangka pendek, tapi ga bisa dipungkiri bahwa dengan pendidikan, orang bisa terangkat dari kemiskinan. Kalau orang tua yg pada waktu kecil udah mengenyam pendidikan, hampir pasti ia akan menyadari pentingnya pendidikan sehingga akan mengusahakan bagi anaknya pendidikan yg lebih tinggi dr yg pernah ia dapatkan dulu, dan begitu seterusnya. Yah, moga aja anggaran pendidikan yg, kalo dilihat dari persntasenya, sudah tinggi di daerah-daerah di Indonesia, bisa bener-bener difungsikan dgn maksimal. Korupsi emg udah sangat mengakar sehingga ga salah klo kita sinis, bahkan sarkastis, akan penggunaan semua uang-uang negara yg berasal dari rakyat itu. Tapi optimisme jg ga boleh ilang kan.

No comments: