Tuesday, December 21, 2010

(Hampir) Dua Tahun

Meski nggak seheboh ibunya Kiki Fatmala (“,, duuuaa puluuh limaa tahuuunnn,,!!”) gw cukup kaget jg ngeliat ternyata blog ini udah ga keurus selama hampir dua tahun. Bahkan gw udah lupa password blogspot gw dan harus menjalani prosedur recoverynya, ahaha.



Kenapa ya sekitar tiga hari lalu tiba-tiba gw kepikiran untuk buka lagi blog ini? Hmm, awalnya gw di-tag oleh salah satu kenalan gw di FB yang tampaknya cukup aktif nulis di blog. Menurut gw sih tulisan dy enak dibaca. Kata-katanya sederhana dan cara berceritanya runtut. Walaupun dy suka tiba-tiba menggunakan huruf kapital di tengah-tengah kata atau kalimat, dan mengganti beberapa kata seenaknya sendiri (banget jadi banet, yang jadi iang,,). Otomatis gw jadi inget lah, kalo gw jg dulu kadang nulis di blog.



Reaksi pertama saat membuka kembali blog ini adalah kaget. Kaget karena gw bahkan lupa kalo gw pernah menulis beberapa postingan-postingan di blog ini. Seriusaan I was like, did I really write these stuffs? Did I really experience this shit back then? On the other hand, beberapa peristiwa yang gw tulis d blog ini justru serasa seperti baru kemaren terjadi. Rasanya baru kemaren gw tersungkur di ringroad akibat tabrakan motor dan dibawa ke puskesmas di deket situ. Rasanya baru kemaren gw merayakan tahun baru 2009 bareng temen-temen dengan pergi ke pantai trus dilanjut ke McD. N now 2011 is drawin’ near already! Isn’t it crazy,,



Selama hampir dua tahun, banyak yang udah terjadi, banyak yang berubah. Gw praktek di Jawa Barat, temen-temen juga udah pada kerja di berbagai penjuru negri, dunia mengenal iPad, abege2 ga lepas dari BB, istilah alay dipopulerkan, Justin Bieber lahir di dunia entertainment, smua orang berkicau di twitter (yang mana merupakan salah satu alasan gw males ngeblog =p),,



Dan selama hampir dua tahun, ada juga yang ga berubah. Temen gw Novel masih blom selse juga skripsinya, ahahaha,, temen gw si X dan Y masih aja pacaran, nenek dan buyut gw masih sehat walafiat (Thank God,, smoga slalu begitu J ),,



But in general, everything does change. Mungkin sedikit dan ga tampak, mungkin signifikan. Mungkin secara fisik (Novel menyatakan dirinya lebih langsing sekarang), mungkin secara psikologis. As for me, these past two years were full of events. New places, new people, new knowledge. Mungkin saat ngejalaninnya gw ga selalu ngerasa hepi dan antusias. Bahkan sering juga penuh kendala dan cobaan. But all’s well that ends well, rite? Pada akhirnya, saat kita melihat kembali foto-foto yang diabadikan saat kita menjalani pengalaman itu (atau kalo ga ada foto ya memori di otak kita lah), saat kita membicarakan lagi kejadian-kejadian itu bersama orang-orang yang bareng-bareng kita saat mengalaminya, yang akan muncul adalah hal-hal indah, kenangan-kenangan positif.



Gw ga tau knapa tapi saat menulis ini, yang muncul di kepala gw adalah bioskop-bioskop lama yang ada d Jogja (ahahaha apa deh yaa jauh banget kayaknya,, but wait, u’ll see the link). Di Jogja sekarang cuma ada dua bioskop, yakni Empire XXI dan Amplaz 21. Tapi sebenarnya, di Jogja dulu tuh banyak banget bioskop-bioskop, yang walo ga smua pernah gw samperin, tapi cukup melekat di ingatan (sekarang gw lagi ga di Jogja sih,, jadi ga bisa kasi foto-foto bioskop-bioskop yang bakal gw bahas ini).



Ada bioskop Ratih di Jalan Mangkubumi, di mana gw sering nonton bareng bokap nyokap. Gw masih inget dulu gw nonton Jurassic Park bareng bokap (gw lupa knapa tp yang jelas nyokap ga ikut nonton waktu itu). Di samping bioskop Ratih ada tempat makan es krim yang namanya Tip Top, dan abis nonton kita sering ke situ. Bahkan gw inget waktu kelas 4 SD gw pernah nonton ndirian d Ratih, jadi dianter ma bokap, trus gw dtinggal, n djemput stelah filmnya selse. Gw lupa judulnya tp itu film critanya tentang abege yang tersesat ke dunia laen yang dijaga oleh kanguru-kanguru yang jago kung fu.



Ada bioskop Soboharsono di samping SD gw, deket alun-alun utara. Kalo lagi plajaran olahraga, pasti kita lari keliling alun-alun, dan saat melakukannya kita pasti melewati bioskop itu. Di dekatnya ada bioskop Widya, yang berada di seberang bekas rumah nenek dan nyokap gw sebelum gw lahir.



Ada bioskop Mataram, yang sekarang udah ancur gara-gara tersapu angin puting beliung. Itu adalah satu-satunya bioskop di Jogja selama kurun waktu 90an hingga 2000. Di situ gw nonton petualangan Sherina dan AADC (antrenya gila-gilaan!).



Masih banyak lagi bioskop-bioskop yang entah masih aktif atau udah bangkrut (yang kalopun aktif jg muter film esek-esek ga jelas, mungkin masih muter film jadul dmana bintang ceweknya ga cukur bulu ketek --seriusan gw pernah liat di tivi ada film jadul dan si Sally Marcelina yang lagi pake gaun tidur kutung dengan pedenya ngangkat-angkat ketek berambut lebat,, yah gw ga yakin sih itu Sally, tapi dy kan ikon aktris esek-esek jadul--) tapi apapun kondisi mereka sekarang, yang gw inget tentang tempat-tempat itu yah hal-hal yang gw sebut di atas tadi. Hal-hal yang bisa dibilang ga negatif lah.



Gw ga tau sih apakah semua orang juga mengalami hal yang sama (mendapati hal-hal yang positif sebagai mayoritas penghuni ingatannya) tapi gw rasa itu patut disyukuri. Ingatan manusia emang ga panjang, tapi kalo ada hal-hal yang nyangkut di ingatan kita, alangkah bagusnya kalo hal-hal tersebut menyenangkan, lucu, dan bisa bikin tersenyum. =)



No comments: